Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Benny Susetyo, menyerukan agar seluruh anggota Polri menjadi polisi yang memiliki rasa kemanusiaan.

Hal itu disampaikannya pada kegiatan Rakorbin SDM dan PNS Polri Tahun Anggaran 2022 dengan tema Mewujudkan “SDM Unggul Polri Presisi untuk Meraih Kepercayaan Masyarakat” di Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (6/12).

Acara ini diikuti oleh kurang lebih 350 polisi dari seluruh Indonesia dengan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Polri. Acara secara akbar dibuka oleh Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono.

Baca Juga:  Duh, Polisi Gerebek Istri Selingkuh dengan Pria Muda di Kamar Hotel Bintang 5

Benny menyatakan bahwa polisi harus memiliki jiwa kemanusiaan, yang artinya juga pengamalan nilai Pancasila.

“Polisi sebaiknya merangkul dan mengajak masyarakat, polisi menjadi sahabat masyarakat, menunjukkan sisi humanitas, itulah perwujudan nilai Pancasila,” ujarnya.

Benny menyatakan polisi harus memiliki nilai keutamaan (arete). Untuk polisi, kata dia, keutamaannya adalah melakukan pelayanan publik.

Baca Juga:  Buka Hati Bagi Cinta, Meriahnya Konser Amal Seminari Tinggi Ledalero di Jakarta

“Itu berarti menjadi role model. Tidak sombong, tidak hedon, tidak serakah, tidak memiliki mental mencari jabatan, harus menjadi teladan, sadar situasi dan kondisi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Rohaniwan Katolik ini menyayangkan viralnya perilaku oknum kepolisian yang buruk, sedangkan contoh-contoh perilaku baik malah redup.