Tajukflores.com – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto menyatakan kesiapannya untuk mengikuti proses pencalonan sebagai Panglima TNI, menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), telah mengusulkan Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI melalui surat presiden (surpres) kepada DPR RI.

“Saya siap,” kata Jenderal TNI Agus Subiyanto saat diwawancarai, Rabu, di sela-sela kegiatannya mendampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Bogor, Jawa Barat, Rabu, 1 November 2023.

Meskipun bersedia mengikuti proses pencalonan, Jenderal TNI Agus Subiyanto mengaku belum mendengar informasi mengenai jadwal uji kelayakan dan kepatutan, yang merupakan salah satu tahapan penting dalam menjadi Panglima TNI.

Dalam kesempatan yang sama, dia menegaskan dirinya loyal terhadap Jokowi dan siap menerima penugasan apa pun dari presiden.

“Saya loyal kepada Panglima tertinggi saya, Presiden, karena sebelum di sini pun, saya ditempatkan di mana saja, pernah di Tim-Tim (Timor-Timor). Saya dulu menyelesaikan (tugas) sampai 1999 terakhir di sana, kemudian di Poso juga. Jadi, saya sebagai prajurit siap ditempatkan di mana saja,” ujar Agus Subiyanto.