Kupang – BMKG Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta warga untuk mewaspadai gempa magnitudo (M) susulan pasca gempa M 6, 3 yang terjadi di Kupang pada Kamis, November 2023 pekan lalu.

Koordinator BMKG NTT Margiono mengatakan bahwa gempa yang terjadi pada Kamis pekan lalu merupakan gempa bumi kedua dengan magnitudo yang lebih besar dibandingkan gempa bumi yang terjadi pada tahun 2022 lalu.

“Gempa yang terjadi di kabupaten pada tahun 2022 lalu itu lokasinya sama dengan gempa yang terjadi pada tanggal 2 lalu. Bedanya adalah magnitudo-nya kali ini 6,6 sementara tahun sebelumnya magnitudo 5,6,” ujar Margiono di Kupang, Selasa, 7 November 2023.

Dia menjelaskan, bahwa sifat gempa bumi itu sendiri adalah gempa berulang. Artinya jika jika gempa bumi pernah terjadi di salah satu lokasi maka dipastikan akan ada lagi gempa berikutnya.

Namun, pihak BMKG sendiri tidak bisa memprediksi kapan gempa bumi itu akan kembali terjadi di lokasi yang sama. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada jika daerah tempat tinggal pernah menjadi lokasi gempa bumi.