Pasuruan – Dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano milik TNI AU jatuh di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada hari Kamis siang, 16 November 2023, sekitar pukul 11.30 WIB.

Dua pesawat TNI AU yang jatuh itu diketahui masing-masing unit dengan nomor registrasi TT-3111 dan TT-3103.

Menurut kesaksian seorang warga setempat bernama Muhammad, lokasi jatuhnya pesawat tersebut terletak di lereng gunung yang biasanya dimanfaatkan warga setempat untuk bercocok tanam, khususnya untuk pertanian kentang.

“Lokasinya berada di lereng gunung, di areal pertanian warga,” ungkap Muhammad, salah satu saksi mata dari Pasuruan.

Camat Puspo, Eddy Santoso, membenarkan kejadian tersebut. Ia merujuk pada informasi dari Kepala Desa Keduwung, Rupani, yang mengindikasikan bahwa pesawat jatuh di area perkebunan kentang milik warga setempat.

“Informasi yang saya terima dari Pak Kades menyebutkan pesawat tempur jatuh di area perkebunan kentang milik warga sekitar pukul 11.30 WIB. Saat ini beliau sedang dalam perjalanan menuju lokasi kejadian,” jelasnya.

Eddy menegaskan bahwa akses ke lokasi kejadian sangat sulit dilalui oleh kendaraan roda empat karena berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Namun, belum ada kepastian mengenai adanya korban jiwa.