Jakarta – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku tidak mengetahui terkait langkah politik yang akan diambil oleh ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke depan, setelah menyelesaikan masa jabatan sebagai Presiden Republik Indonesia pada tahun 2024.

Kaesang mengakui bahwa dirinya belum mengetahui apakah Jokowi akan bergabung dengan PSI atau tidak.

Pernyataan ini diberikan oleh Kaesang dalam rangka menjawab pertanyaan dari kader PSI selama acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-9 PSI, yang diadakan pada Kamis 16 November 2023 di DPP PSI, Jakarta Pusat.

“Jujur, nggak tahu,” kata Kaesang.

Meskipun demikian, Kaesang tetap memastikan bahwa saat ini Jokowi masih merupakan kader PDIP. “Tapi bagaimanapun, Presiden (Jokowi) adalah kader PDIP, jadi saya tidak bisa menjawab itu,” tambahnya.

Sementara itu, dalam rangka persiapan HUT ke-9 PSI, Kaesang Pangarep memberikan 9 instruksi untuk meraih kemenangan PSI dan koalisinya.

“Dalam rangka menyambut hari ultah PSI, saya sebagai ketua umum PSI mengeluarkan instruksi 9 untuk menang kepada seluruh pengurus anggota dewan, caleg PSI di masing-masing tingkatan,” ujarnya.