Jakarta – Artikel ini membahas website yang cocok untuk guru agar pembelajaran dalam kelas tidak membosankan! Era digital membuat guru terus menghadapi tantangan baru, terutama dalam menyajikan materi pembelajaran yang menarik bagi siswa.

Berbagai website dan platform online telah muncul dengan fitur-fitur interaktif yang dapat membantu guru mengajar dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan.

Berikut adalah 7 website yang cocok untuk guru:

1. Kahoot.it

Kahoot.it adalah aplikasi gratis untuk memainkan kuis pembelajaran yang menyenangkan. Guru dapat menggunakan Kahoot.it untuk review, penguatan, pra-asesmen, asesmen formatif, dan latihan sebelum ujian.

Selain membuat kuis, terdapat banyak ide kreatif untuk memaksimalkan penggunaan Kahoot! dalam pembelajaran.

2. Quizizz.com

Quizizz.com adalah web tool untuk membuat kuis interaktif yang sangat cocok digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Platform ini menggabungkan elemen desain game dengan pertanyaan mandiri dan umpan balik instan untuk membantu siswa belajar dengan cara yang menyenangkan.

3. Wordwall.net

Wordwall.net adalah media interaktif yang menyediakan template seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dan lainnya. Selain tersedia secara daring, hasil karya juga dapat diunduh dan dicetak pada kertas.

4. Discovery Education’s Puzzlemaker

Puzzlemaker adalah aplikasi untuk membuat teka-teki silang yang dapat melatih keterampilan berpikir historis dan kritis siswa. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat memilih gambar atau teks untuk dijadikan puzzle dengan berbagai tingkat kesulitan.

5. Mentimeter.com

Mentimeter merupakan platform presentasi yang memfasilitasi interaksi antara narasumber dan peserta melalui polling, komentar, tanya-jawab, dan kuis. Ada opsi akun gratis dengan berbagai fitur yang mendukung pembelajaran.

7. Gimkit.com

Gimkit.com adalah game pembelajaran kuis yang membutuhkan pengetahuan, kolaborasi, dan strategi untuk menang. Diciptakan oleh siswa untuk siswa, Gimkit dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran.

Website ini sangat cocok untuk guru biar suasana dalam kelas menyenangkan.

8. Nearpod.com

Nearpod.com adalah platform ruang pembelajaran yang menghadirkan interaksi siswa dengan guru melalui presentasi yang interaktif. Terdapat berbagai opsi konten dan aktivitas yang mendukung pembelajaran yang aktif.