Jakarta – Artikel ini membahas cara membuat presentasi menggunakan aplikasi Nearpod. Saat menyajikan materi, baik sebagai guru, narasumber, fasilitator, dosen, atau dalam berbagai jabatan, penting untuk membuat presentasi menarik agar audiens dengan mudah memahami materi yang disampaikan.

Biasanya, penggunaan Power Point adalah pilihan umum yang memungkinkan pembuatan presentasi dari yang sederhana hingga menarik dengan animasi.

Namun, dalam pembelajaran jarak jauh, tuntutan akan media pembelajaran tidak hanya menarik, tetapi juga interaktif. Hal ini bertujuan untuk melibatkan siswa atau audiens secara aktif dalam pembelajaran.

Untuk menciptakan presentasi yang lebih interaktif, selain menggunakan Power Point atau Google Slides, aplikasi Nearpod dapat digunakan.

Keunggulan menggunakan Nearpod adalah kemampuannya mengajak siswa atau peserta kegiatan secara langsung berinteraksi dan memberikan respon terhadap berbagai pertanyaan atau aktivitas yang disajikan oleh guru.

Nearpod adalah platform ruang pembelajaran yang unik, memungkinkan interaksi langsung antara siswa dengan guru dalam ruang virtual.

Dalam platform ini, pengajar dapat membuat presentasi yang mencakup gambar, teks, video, bahkan kuis yang bisa dimainkan bersama. Nearpod menyediakan dua jenis pilihan untuk membuat presentasi yang interaktif, yaitu:

Konten: Berbagai macam bahan yang dapat dimasukkan dalam presentasi, seperti slide, video, konten web, materi ajar 3D, simulasi, realitas virtual, konten dari Sway (Microsoft Office), audio, dan lainnya.

Aktivitas: Beragam kegiatan yang dapat menambahkan dimensi interaktif dalam pembelajaran, seperti Time to Climb, pertanyaan terbuka, kuis, tes menjodohkan, poling, dan lainnya.

Proses pembuatan presentasi menggunakan Nearpod dimungkinkan untuk ditampilkan dan dimainkan bersama siswa, baik secara langsung pada saat tatap muka melalui Zoom maupun sebagai tugas di Google Classroom.

Untuk memulai membuat presentasi interaktif dengan Nearpod, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Akses https://nearpod.com/, lalu daftar jika belum pernah menggunakan Nearpod sebelumnya atau langsung login jika sudah memiliki akun.
  2. Pada halaman beranda, terdapat fitur “My Lesson” untuk membuat presentasi baru atau melihat presentasi yang sudah dibuat, serta fitur “Report” untuk melihat hasil pengisian dari seluruh siswa yang menggunakan Nearpod dalam pembelajaran.
    Lihat gambar di bawah:

    Presentasi Interaktif Menggunakan Aplikasi Nearpod

Untuk memulai membuat presentasi, klik “Create a Lesson” dan akan masuk ke halaman selanjutnya.

 

Presentasi Interaktif Menggunakan Aplikasi Nearpod

Sebelum memulai membuat presentasi, sebaiknya beri judul file terlebih dahulu dengan mengganti “Untitled Lesson” dengan nama file presentasi yang akan dibuat.

Presentasi Interaktif Menggunakan Aplikasi Nearpod (3)

Untuk konten pilihannya sebagai berikut:

  1. Slides dan slides (classic), jika kita akan membuat paparan dari awal dengan membuat paparan dari nearpod langsung
  2. Video, dimanfaatkan untuk menambah video pada paparan, ada beragam video yang sudah disiapkan nerapod digaleri, bisa upload dari youtube, atau upload dari komputer/google drive/dropbox
  3. Web Content, digunakan jika ada tambahan informasi pada paparan yang diambil dari web tertentu dengan memasukan alamat urt webnya
  4. Nearpod 3D, digunakan jika akan menambahakan konten 3D yang disediakan nearpod. Silahkan dieksplore ada banyak pilihan materi yang tersedia sesuai mapel yang ada pilihannya
  5. Simulation, pada konten nearpod juga banyak pilihan meteri untuk praktik yang bisa dilakukan oleh siswa. Kita tinggal menggunakan saja sesuai konten yang disediakan nearpod
  6. VR Field Trip, konten dalam bentuk virtual reality yang sangat menarik bisa kita masukan kedalam paparan yang kita buat sesuai dengan bahan yang tersedia di nearpod
  7. BBC Video, jika akan menambahkan video dengan sumber BBC Video
  8. Sway, jika kita pernah membuat media sway dengan microsoft 365 maka konten tersebut bisa kita masukkan kedalam paparan yang kita buat pada nearpod
  9. Lainya ada slideshow, audio dan pdf viewer

Presentasi Interaktif Menggunakan Aplikasi Nearpod (3)