Tajukflores.com – Perayaan Natal, yang jatuh pada tanggal 25 Desember, adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Kristiani di Indonesia. Jelang Natal, berbagai tradisi unik meramaikan perayaan Natal di berbagai daerah di Indonesia.

Selain menghias pohon Natal dengan hiasan berwarna-warni, di beberapa tempat seperti Ambon dan NTT, tradisi menyalakan meriam bambu dan kembang api menjadi ritual malam Natal yang meriah.

Selain itu, ada tradisi berupa pawai Natal dengan kostum-kostum lucu, musik, dan parade yang meriah. Upacara adat dan ritual khusus juga dilakukan di beberapa daerah sebagai lambang atau simbol dalam merayakan Natal.

Salah satu aspek penting dalam perayaan Natal adalah hidangan khas Natal. Tiap keluarga memiliki hidangan istimewa yang disiapkan khusus untuk momen ini, seperti kalkun panggang, kue kering, pudding, dan hidangan tradisional lainnya.

Tidak ketinggalan, kunjungan ke gereja dan rumah keluarga, bertukar ucapan dan salam Natal menjadi bagian penting dalam mempererat kebersamaan dalam perayaan Natal di Indonesia.

Berikut adalah sejumlah tradisi Natal unik dari berbagai daerah Indonesia:

1. Tradisi Bunyi Sirine dan Lonceng di Ambon

Di Ambon, sirine kapal dan lonceng gereja dibunyikan bersamaan sebagai tanda perayaan Natal tiba. Di samping itu, warga di Naku, Leitimur Selatan, mengadakan upacara adat penyucian yang melambangkan pembebasan dari dosa.

Mereka berkumpul untuk ritual adat, menyanyi dalam bahasa daerah, menari dengan musik tradisional Tifa, dan merayakan kebersamaan.

2. Tradisi Barapen di Papua

Tradisi Barapen di Papua menampilkan rasa syukur, kebersamaan, dan berbagi. Acara ini melibatkan memasak daging dengan batu panas yang sebelumnya dibakar.