Kupang, Tajukflores.com – Sebanyak 189 mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi (Pensos) Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) angkatan 2023 menggelar kuliah studi lapangan (KSL) ke Desa Poto, Kecamatan Fatuleu Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan KSL dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada 13-14 Januari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa melalui observasi langsung di lapangan.

Selain itu, kegiatan ini juga melatih rasa tanggung jawab dan disiplin dari dalam diri mahasiswa.

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh para mahasiswa, tetapi juga didampingi oleh beberapa dosen dari Program Studi S1 Pensos. Di antaranya Idris, selaku dosen pengasuh mata kuliah, Amirullah Datuk, selaku dosen Prodi Pensos UMK, serta beberapa dosen lainnya yang bertugas mendampingi mahasiswa selama observasi dalam berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat.

Di lokasi kegiatan, mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok dan diwajibkan untuk berinteraksi langsung dengan warga setempat agar semakin mengetahui adat istiadat, budaya, kebiasaan, serta cara hidup masyarakat.

Pada sesi wawancara terdapat sesi tanya jawab yang menghasilkan beberapa informasi yang cukup penting, seperti pengelolaan lahan pertanian, wisata, dan beberapa informasi lainnya.

Selain observasi, mahasiswa juga melakukan kunjungan ke beberapa destinasi wisata di sekitar Desa Poto, seperti Pantai Barate dan Pantai Fautkolo.