Tajukflores.com – Ibadat Sabda Katolik tanpa kehadiran imam dilakukan dalam beberapa konteks tertentu, seperti dalam doa pribadi atau kelompok, pertemuan kecil di rumah.

Ibadat Sabda juga dilakukan dalam situasi di mana umat Katolik berkumpul tanpa keterlibatan seorang imam, seperti misalnya dalam kelompok studi Alkitab atau doa keluarga, perayaan syukur dan sebagainya.

Meskipun peran imam sangat siginifikan dalam liturgi Katolik, ada momen di mana umat dapat terlibat dalam refleksi dan pembacaan kitab suci tanpa kehadiran imam.

Berikut Susunan Ibadat Sabda:

A. PEMBUKAAN

Baca Juga:  Wajah Mirip Yesus, Pastor Misionaris di Katedral Jakarta Mencuri Perhatian Umat Katolik

1. Lagu Pembukaan:

2. Tanda Salib

P: Sebelum memulai ibadat sabda kita pada hari ini, marilah kita mengangkat tanda kemenangan kita, Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus…
U: Amin

3. Salam Pembuka

P: Semoga kasih karunia, rahmat, dan damai sejahtera dari Allah Bapa, serta Putra-Nya Yesus Kristus senantiasa beserta kita.
U: Sekarang dan selama-lamanya

4. Pengantar

P: Saudara-saudari sekalian pada hari ini, kita akan mendengarkan dalam bacaan pertama tentang… dan dalam bacaan injil nanti kita juga akan mendengarkan… (Hening sejenak)

Baca Juga:  6 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Air dan Metode Lainnya

5. Perayaan Tobat

P: Marilah kita mengakui bahwa kita telah berdosa, kiranya Tuhan mengampuni dosa kita. Dan marilah kita bersama-sama mengucapkan. Saya mengaku…
U: Kepada Allah Yang Maha Kuasa…

P: Semoga Allah Yang Maha Kuasa, mengasihi kita, mengampuni dosa kita, dan menghantar kita ke hidup yang kekal.
U: Amin.

6. Tuhan Kasihanilah Kami

P: Tuhan Kasihanilah Kami
U: Tuhan Kasihanilah Kami
P: Kristus Kasihanilah Kami
U: Kristus Kasihanilah Kami
P: Tuhan Kasihanilah Kami
U: Tuhan Kasihanilah Kami

7. Doa Pembuka