Tajukflores.com – Uskup Joseph Lagumbay, CUC dari Gereja Katolik di Filipina memberkati pasangan dokter LGBT setelah Paus Fransiskus mengizinkan para pastor memberikan pemberkatan kepada pasangan sesama jenis.

“Sebuah kehormatan untuk meresmikan persatuan suci dari pasangan yang indah ini. Keduanya adalah dokter yang melayani masyarakat,” tulis Uskup Joseph Lagumbay di akun Facebooknya, seperti dikutip Tajukflores.com, Jumat, 19 Januari 2024.

“Ketika Paus Fransiskus mendesak para imamnya untuk memberkati hubungan seperti ini, Gereja Universalis Katolik mengambil beberapa langkah lebih jauh. Pencerahan yang diberkati untuk semua!,” imbuhnya.

Baca Juga:  Nasib Fano, Tumor Otak Mulai Kambuh Sejak Sekolah Online

Paus Fransiskus sebelumnya telah mengizinkan para pastor memberikan pemberkatan kepada pasangan sesama jenis atau LGBT. Hal ini menandai kemajuan penting bagi komunitas LGBT yang menganut agama Katolik Roma.

Pimpinan Gereja Katolik Roma itu menyatakan bahwa pastor-pastor seharusnya diizinkan memberkati pasangan-pasangan sesama jenis dalam situasi tertentu.

Baca Juga:  Doa Arwah Katolik: Kumpulan Teks Doa dan Maknanya

Namun, Vatikan menegaskan bahwa pemberkatan semacam itu tidak seharusnya menjadi bagian dari ritual-ritual keagamaan gereja yang umum, termasuk persatuan sipil atau pernikahan. Vatikan tetap memandang pernikahan sebagai ikatan antara laki-laki dan perempuan.

Paus Fransiskus menyetujui sebuah dokumen yang mengumumkan perubahan ini pada Senin, 18 Desember 2023 mencerminkan pandangan bahwa “Tuhan menerima semuanya”. Namun, dokumen tersebut menekankan bahwa para pendeta harus memutuskannya berdasarkan situasi per kasus.