Jakarta – Timnas Indonesia resmi mengakhiri fase grup Piala Asia 2023 dengan finish di peringkat 3 setelah kalah melawan Timnas Jepang dengan skor 1-3 pada Rabu malam, 24 Januari 2024. Apakah Indonesia punya peluang ke lolos ke babak 16 besar?

Skuad Garuda meraih 3 poin dari 3 pertandingan, dengan mencetak 6 gol dan kebobolan 9 gol.

Indonesia selalu berhasil mencetak gol dalam 3 laga yang mereka jalani, yaitu saat melawan Kuwait (1-1), Vietnam (3-1), dan Jepang (1-3). Namun, Garuda selalu kalah dalam 2 pertandingan terakhir, sehingga mereka harus puas finish di peringkat 3.

Saat ini, Indonesia menempati peringkat 4 klasemen “Peringkat 3 terbaik”. Hanya 4 tim peringkat 3 terbaik yang berhak lolos ke babak 16 besar.

Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Peluang tersebut bergantung pada hasil pertandingan lain di Grup E dan Grup F.

Berikut adalah skenario yang bisa membuat Indonesia lolos ke babak 16 besar:

  • Oman imbang vs Kyrgyzstan

Jika Oman imbang dengan Kyrgyzstan, maka Indonesia akan lolos ke babak 16 besar, karena Indonesia memiliki selisih gol yang lebih baik dari Oman.

  • Jordania menang dengan margin 2 gol ke atas Bahrain

Jika Jordania menang dengan margin 2 gol ke atas Bahrain, maka Indonesia akan lolos ke babak 16 besar, karena Indonesia memiliki jumlah gol yang sama dengan Jordania.

  • Kyrgyzstan menang 1-0 vs Oman

Jika Kyrgyzstan menang 1-0 vs Oman, maka Indonesia akan lolos ke babak 16 besar, karena Indonesia memiliki selisih gol yang lebih baik dari Kyrgyzstan.