Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan anaknya yang terpilih sebagai wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka sudah menjadi keluarga besar partai berlogo pohon beringin itu. Hal tersebut disampaikan Airlangga seusai Jokowi dan Gibran dicoret oleh PDIP.

Presiden Jokowi dan Gibran sendiri berada di haluan berbeda dengan PDIP pada Pilpres 2024.  Adapun PDIP mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024.

“Jadi, bagi kami Pak Jokowi dan Mas Gibran itu sudah masuk dalam keluarga besar Golkar. Tinggal tentunya formalitasnya saja,” kata Airlangga di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Airlangga mengatakan Jokowi dan Gibran sudah menjadi bagian dari keluarga besar Partai Golkar karena ayah dan anak itu  mendapatkan mandat maju capres dan cawapres melalui mekanisme Rapimnas resmi.

“Tentu partai Golkar selalu terbuka terhadap kader-kader terbaik bangsa ini. Dan jelas pak presiden, Pak Jokowi adalah kader terbaik bangsa yang sudah bersama Partai Golkar di dalam dua periode beliau,” kata Airlangga.

Akan tetapi, Golkar belum memastikan jabatan untuk Jokowi di Golkar. Sebab, saat ini, Jokowi masih menjadi milik bangsa dan semua partai politik.

“Kalau posisi tergantung beliau. Karena beliau sekarang milik bangsa. Beliau milik semua partai dan saya dengarkan tentu Pak Prabowo juga beliau juga terbuka dengan Pak Presiden,” pungkas Airlangga.