Jakarta -Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan segera membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024. Seleksi ini akan mencakup penerimaan CPNS di sekolah kedinasan dan CASN secara umum di berbagai instansi pemerintah.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, mengumumkan bahwa seleksi CASN di lingkungan sekolah kedinasan akan dimulai pada bulan Mei 2024.

Tahun ini, pemerintah mengalokasikan 3.445 formasi untuk delapan instansi penyelenggara sekolah kedinasan, termasuk Politeknik Keuangan Negara STAN, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara, Politeknik Statistika STIS, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi.

Selain itu, 22 sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan dan Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) juga akan mendapatkan alokasi formasi.

“Alokasi formasi ini didasarkan pada kebutuhan zaman. Contohnya di STMKG, di mana kita menghadapi tantangan perubahan iklim, dan di Politeknik Siber dan Sandi Negara dengan digitalisasi yang tak terelakkan. Kita membutuhkan talenta dalam bidang cyber security,” kata Anas di Jakarta, dikutip Sabtu (4/5).

Pendaftaran CASN Umum Dibuka Juni 2024

Selain CPNS sekolah kedinasan, pemerintah juga akan membuka rekrutmen CASN secara umum di seluruh Indonesia. Anas menargetkan pendaftaran CASN umum akan dimulai pada Juni 2024.

Kementerian PANRB telah memberikan persetujuan 1,2 juta formasi CASN, dengan rincian 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 formasi untuk instansi daerah. Jumlah ini merupakan tahap awal dari pemenuhan kebutuhan 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara berkelanjutan.

Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang mempercepat verifikasi pengisian formasi yang dilakukan oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Fokus pada Talenta Digital

Pemerintah juga akan fokus pada rekrutmen talenta digital dalam seleksi CASN 2024. Hal ini sejalan dengan fokus pemerintah untuk mendorong transformasi digital di Indonesia.

“Kita membutuhkan talenta digital di berbagai instansi pemerintah untuk mendukung transformasi digital,” kata Anas. “Oleh karena itu, dalam seleksi CASN 2024, akan ada prioritas bagi pelamar dengan kemampuan di bidang digital.”

Informasi lebih lanjut mengenai seleksi CASN 2024, termasuk persyaratan dan jadwal pendaftaran, akan segera diumumkan oleh Kementerian PANRB.

Para pelamar diimbau untuk memantau website resmi Kementerian PANRB dan instansi terkait untuk mendapatkan informasi terbaru.