Jakarta – Platform media sosial X hari ini mengumumkan peluncuran fitur baru bernama “Stories on X”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengikuti berita dan topik hangat yang sedang ramai diperbincangkan di platform tersebut, dengan ringkasan yang dikurasi oleh chatbot AI Grok milik Elon Musk.

“Stories on X” saat ini hanya tersedia untuk pengguna X Premium dan hanya dapat diakses melalui web dan aplikasi iOS.

“Lihat apa yang dunia tengah perbincangkan dengan Stories on X, dikurasi oleh @grok. Kini tersedia untuk pelanggan Premium pada tab Explore!,” tulis rekayasawan X dalam unggahannya melalui akun @XEng pada Sabtu (5/4).

Menurut keterangan X, chatbot AI Grok mengandalkan unggahan pengguna X untuk menghasilkan ringkasan informasi. Sebagian ringkasan berfokus dari artikel berita, sedangkan yang lainnya adalah ringkasan dari percakapan antar pengguna X.

Grok dapat menghasilkan ringkasan berita maupun topik yang ramai diperbincangkan contohnya laporan pendapatan Apple, bantuan kemanusiaan untuk Ukraina, hingga Musk berdebat tentang pinjaman nasional yang merupakan rangkuman dari percakapan antara Elon Musk dengan beberapa tokoh terkenal di platform X.

Menurut laporan Engadget, Stories on X serupa dengan fitur Moments yang pernah ada di X (saat itu masih bernama Twitter).