Tajukflores.com-Pemerintah secara resmi membuka seleksi CPNS 2024 pada Bulan Juni 2024 mendatang. Rencana pembukaan seleksi CPNS 2024 itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas.

Hal itu disampaikannya saat menyampaikan keterangan pers progres pengadaan ASN tahun 2024, di Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Jumat (3/5) kemarin. Anas menyampaikan bahwa, seleksi CPNS di Sekolah Kedinasan dimulai bulan Mei.

Pada tahun ini, pemerintah mengalokasikan 3.445 formasi dari 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan.

Kedelapan instansi sekolah kedinasan yang membuka seleksi CPNS tersebut adalah Politeknik Keuangan Negara STAN, Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara, Politeknik Statistika STIS, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

“Sekolah kedinasan yang diberikan alokasi dengan mempertimbangkan tantangan zaman. Misalnya di STMKG, di mana kita menghadapi tantangan perubahan iklim,” katanya.

“Juga di Politeknik Siber dan Sandi Negara di mana digitalisasi tak terelakkan, sehingga kita butuh talenta misalnya terkait cyber security,” lanjut Anas.

Dia juga menambahkan bahwa pembukaan pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai bulan ini juga, sekarang proses koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi.

Selain melalui sekolah kedinasan, pemerintah juga merekrut ASN lewat seleksi CPNS 2024. Rencananya seleksi CPNS 2024 akan dimulai pada bulan Juni atau Juli mendatang.