Tajukflores.com – Mahkamah Agung (MA) memutuskan untuk menutup link salinan putusan cerai YouTuber Ria Ricis dengan Teuku Ryan. Langkah itu diambil MA setelah unduhannya mencapai 600 ribu kali.

Isi draft cerai Ricis dan Ryan jadi sorotan netizen di media sosial. Akibatnya, penyebab perceraian Ricis dan Ryan jadi bahan gosip dan diskusi netizen.

Salinan putusan cerai Ricis yang seharusnya rahasia malah jadi perdebatan. Karena tuai prokontra, MA kini memutuskan menarik publikasi salinan putusan perceraian Ria Ricis dengan Teuku Ryan di situs resminya.

“Bukan menghapus tetapi meng-unpublished dengan karena terlalu banyak yang men-download, lebih dari 600 ribu,” kata Jubir MA Suharto,Jumat (10/5).

Menurut Suharto, sekitar 623.766 kali pengunduhan salinan putusan cerai Ricis dan Ryan. Angka itu terhitung sejak 2 Mei, yakni sejak pertama kali terpublikasi.

Akhirnya MA menutup tautan di situs MA sejak 7 Mei 2024. Suharto mengatakan segala informasi kini berpusat di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan.

“Sehingga apabila publik ingin mendapatkan informasi tentang itu bisa menghubungi humas PA Jakarta Selatan,” ujar Suharto.

Suharto menerangkan putusan pengadilan perceraian Ria-Ricis yang telah dibacakan dalam sidang adalah terbuka untuk umum. Yang berarti bukan termasuk informasi yang dikecualikan.