Jakarta – Layanan internet revolusioner berbasis satelit, Starlink, milik Elon Musk meluncurkan operasionalnya di Indonesia mulai Senin, 20 Mei 2024. Artikel ini akan membahas cara langganan internet di Starlink Indonesia, harga paket dan biaya tagihan bulanan.

Starlink, yang dikelola oleh SpaceX, perusahaan luar angkasa yang juga dimiliki oleh Elon Musk, telah menjadi perbincangan sejak pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 2018. Kini, sekitar 5.000 satelit Starlink telah berhasil diorbitkan menggunakan roket SpaceX, Falcon 9.

Layanan ini menawarkan kecepatan internet yang impresif, berkisar antara 25 hingga 220 Mbps. Kecepatan ini membuat Starlink sangat cocok untuk berbagai aktivitas internet seperti streaming, panggilan video, game online, dan penggunaan internet rumah tangga lainnya.

Berbeda dengan layanan internet konvensional yang memanfaatkan kabel fiber optik, Starlink menggunakan satelit luar angkasa untuk membagikan jaringan broadband.

SpaceX telah mengajukan perizinan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP) untuk Starlink di Indonesia.

Untuk berlangganan Starlink, masyarakat perlu memiliki perangkat VSAT atau stasiun penerima sinyal. Ada dua jenis VSAT yang ditawarkan oleh Starlink, yaitu untuk pelanggan yang menetap di suatu lokasi seperti pelanggan di area perumahan dengan harga Rp7.800.000, dan untuk pelanggan dengan mobilitas tinggi seperti kapal yang aktif beroperasi di perairan dengan harga Rp43.721.590.

Proses pemesanan dapat dilakukan melalui situs resmi Starlink Indonesia, dengan estimasi waktu pengiriman selama 1-2 minggu. Pembayaran hanya dapat dilakukan melalui kartu kredit atau debit Mastercard atau Visa.

Paket langganan Starlink Indonesia memiliki beragam harga sesuai dengan kebutuhan pengguna, mulai dari paket residensial hingga paket mobilitas darat dan maritim. Pengguna dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Cara Langganan Starlink di Indonesia

Bagi masyarakat yang tertarik menggunakan layanan internet Starlink, berikut adalah cara untuk memesan perangkat VSAT dan paket langganan Starlink Indonesia: