Jakarta – Wakil Ketua Mahkamah Partai DPP Partai Demokrat, Ardy Mbalembout, menegaskan perlunya pemimpin yang memiliki hati nurani untuk membawa NTT keluar dari berbagai persoalan yang dihadapi saat ini.

“Kita butuh pemimpin yang memiliki hati untuk membawa NTT keluar dari berbagai persoalan yang dihadapi saat ini,” ujarnya dalam sebuah diskusi bertajuk “Proyeksi Pembangunan NTT 5 Tahun ke Depan” di PMKRI Cabang Jakarta Timur pada Sabtu (1/6).

Ardy Mbalembout yang juga salah satu kandidat gubernur NTT di Pilgub NTT 2024 ini menyampaikan bahwa Provinsi NTT memiliki potensi besar untuk menjadi pusat ekonomi maritim baru di Indonesia.

Hal ini dikarenakan NTT masuk dalam wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI), yang merupakan alur laut internasional yang terbuka bagi perlintasan perdagangan dan kapal asing.

Posisi strategis NTT di ALKI membuka peluang bagi pengembangan berbagai sektor maritim, seperti pariwisata, perdagangan, dan logistik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya investasi yang masuk ke NTT, terutama di Labuan Bajo dan Rote.

Namun, Ardy mengingatkan agar pembangunan dan investasi ini tidak hanya fokus pada keuntungan ekonomi, tetapi juga memperhatikan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Efek ganda dari pembangunan dan investasi besar-besaran harus dapat dirasakan oleh masyarakat, sehingga mereka juga mendapatkan manfaat dari kemajuan ekonomi.

Ardy juga menggarisbawahi pentingnya pengetahuan, wawasan, dan strategi pembangunan yang berskala lokal, nasional, maupun internasional bagi pemimpin NTT ke depan. Menurutnya, pemimpin yang sejati tidak boleh menjadi “boneka” yang tidak peduli dengan kebutuhan masyarakat.