Tajukflores.comAsam urat merupakan salah satu penyakit radang sendi yang terjadi ketika kadar asam urat tinggi dalam darah. Kondisi ini biasanya menyebabkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan sekitar sendi.

Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah purin, sebuah zat kimia yang ditemukan dalam berbagai makanan. Oleh karena itu, bagi pengidap asam urat, penting untuk mengonsumsi minuman herbal untuk mencegah gejala, bukan hanya bergantung pada obat-obatan.

Berikut beberapa obat asam urat alami yang membantu mengatasi penyakit ini, dirangkum dari Halodoc dan beberapa sumber lainnya:

Baca Juga:  Cara Mengatasi Kulit Gatal tanpa Ruam

1. Ceri atau Jus Ceri Asam

Mengonsumsi ceri dan minum jus ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Ceri mengandung anthocyanin, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi yang memberi warna merah pada buah ini.

Senyawa tersebut juga merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Meski begitu, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk menentukan efek jangka panjang dari asupan ceri pada kadar asam urat.

Menjadikan ceri sebagai camilan atau jus tanpa pemanis tambahan bisa menjadi pilihan yang sehat.

Baca Juga:  Ini 5 Kota dengan Udara Terbersih di Dunia, 1 dari Indonesia

2. Jahe

Jahe merupakan rempah yang sering diresepkan untuk kondisi peradangan. Jahe merah memiliki volatile oil dan non-volatile oil yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Selain itu, jahe merah juga dapat meredakan nyeri karena menghambat jalur siklo oksigenase sehingga prostaglandin dapat dihambat. Untuk menggunakan jahe sebagai obat asam urat, rebus air dengan satu sendok makan parutan jahe segar, lalu rendam kain lap dalam air rebusan tersebut.