Tajukflores.com – Prajurit Marinir TNI Angkatan Laut (AL) berbagi pengetahuan bertahan hidup di hutan (jungle survival) dengan prajurit Marinir dari berbagai negara dalam rangkaian Latihan Bersama (Latma) Rim of Pacific (Rimpac) 2024 di Hawaii, Amerika Serikat.

Pelatihan ini berlangsung di Markas Korps Marinir Amerika Serikat (MCBH) pada Sabtu, dengan Mayor Marinir Lukman Susanto sebagai pembicara utama.

“Pada materi ini, disampaikan bahwa jungle survival bukan hanya tentang mengetahui jenis binatang dan tanaman yang dapat dimakan di hutan, tetapi juga kesiapan mental dan fisik serta ketenangan pikiran untuk bertahan hidup dalam menghadapi kemungkinan terburuk yang akan dihadapi di hutan,” kata Mayor Lukman kepada peserta latihan sebagaimana dikutip dari siaran resmi Korps Marinir TNI AL yang dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (6/7).

Baca Juga:  Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul, Ganjar-Mahfud Turun dan Anies-Cak Imin Naik

Latma Rimpac 2024 ini diikuti oleh Korps Marinir TNI AL, Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) sebagai tuan rumah, serta Korps Marinir dari Chile, Meksiko, dan Peru.

Beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan ini antara lain pengenalan berbagai jenis tanaman dan binatang yang dapat dimanfaatkan untuk bertahan hidup di hutan liar, teknik berburu dan menangkap hewan liar, memasak di hutan, dan praktik membuat api.

Baca Juga:  Dilantik Presiden Jokowi, Agus Subiyanto Sah Gantikan Yudo Margono sebagai Panglima TNI

Sebanyak 43 prajurit terpilih dari Korps Marinir TNI AL mengikuti rangkaian latihan bersama pasukan Marinir dari negara-negara peserta Latma Rimpac 2024 di Hawaii pada 27 Juni–2 Agustus 2024.

Pelatihan yang diikuti mencakup latihan peperangan kota, patroli tanpa perlindungan, pertempuran kota (MOUT), meminta bantuan tembakan (call for fire), taktik serangan udara, bertahan hidup di hutan, menghadapi ancaman senjata kimia, biologi, radiologi, dan nuklir, serta merawat prajurit saat tempur (TCCC).