Tajukflores.com – Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, termasuk keberadaan gunung berapi yang menjulang tinggi.

Bagi para pehobi mendaki, gunung berapi jelas menjadi pilihan menarik, bukan hanya dari ketinggian puncaknya tetapi juga pesona alam yang indah.

Untuk Anda yang sering mendaki, pasti tidak akan melewatkan ragam keindahan dari gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Ayo, telusuri lima gunung berapi tertinggi di Indonesia berikut ini yang telah dihimpun dari berbagai sumber:

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci dinobatkan sebagai gunung berapi tertinggi yang masih aktif di Indonesia dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok, Sumatera Barat, dekat Pegunungan Bukit Barisan.

Pesona alam yang luar biasa indahnya memberikan daya tarik tersendiri bagi Gunung Kerinci ini.

Meskipun memiliki perjalanan pendakian dengan tikungan curam dan tanjakan menantang, setiap perjalanannya terdapat sensasi luar biasa dengan disuguhi flora dan fauna yang jarang dijumpai di tempat lain.

2. Gunung Rinjani

Pesona Gunung Rinjani menjadikannya favorit bagi para pecinta alam karena memiliki rintangan yang ekstrem namun menawarkan keindahan luar biasa.

Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan puncaknya mencapai 3.726 mdpl.

Ketika mencapai puncak, pendaki akan menyaksikan pemandangan luar biasa, salah satunya ialah Segara Anak.