Tajukflores.com – Direktur Utama RSCM, Supriyanto, menekankan bahwa masyarakat Indonesia tidak perlu pergi ke luar negeri untuk mengobati kanker. Menurutnya, RSCM telah menyiapkan alat terbaru agar penderita kanker dapat mendapatkan layanan terbaik di dalam negeri.

Alat tersebut adalah pelayanan tomoterapi Radixact. Meski layanan ini sudah beroperasi sejak 2016, Radixact kini diperbarui dengan generasi terbaru yang diluncurkan pada 2023.

“Fasilitas ini sudah kami siapkan untuk masyarakat, silahkan kemudian dimanfaatkan. Jadi, tidak usah keluar negeri, cukup di RSCM semua radioterapi itu selesai,” kata Supriyanto di Jakarta, Sabtu (13/7) malam.

Supriyanto menjelaskan bahwa masyarakat perlu memahami tujuan radioterapi. Pertama, radioterapi digunakan untuk melengkapi proses penyembuhan.

Kedua, radioterapi bertujuan paliatif, yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker.

Dokter spesialis bedah ini menyoroti bahwa masih banyak masyarakat yang memiliki pandangan keliru terhadap layanan radioterapi.

Banyak pasien kanker yang menganggap radioterapi akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.

“Di masyarakat itu yang timbul kan begini, jangan disinar ya, nanti kalau disinar biasanya makin parah, kan gitu. Itu sebenarnya salah sama sekali,” ujar Supriyanto.