Tajukflores.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar) segera mencairkan dana hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahap kedua kepada penyelenggara Pilkada 2024 di daerah itu.

“Pencairan tahap dua dalam bulan Juli 2024 ini, sebulan sebelum pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati,” kata Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Manggarai Barat Salvador Pinto di Labuan Bajo, Minggu, (14/7), dikutip Antara.

Baca Juga:  Lantik 36 Anggota Panwas Kecamatan, Ketua Bawaslu Mabar Minta Pahami Aturan dan Bekerja Cepat

Ia merinci pencairan tahap kedua dana hibah Pilkada untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manggarai Barat sebesar Rp14 miliar dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Manggarai Barat sebesar Rp4 milyar.

“Untuk tahap dua ini total anggaran sekitar Rp18 milyar, pencarian dilakukan 50 persen setiap tahap,” katanya.

Baca Juga:  Pengumuman Pendaftaran Pilkada 2024 Dimulai Besok, KPU Manggarai Barat Masih Tunggu Juknis KPU RI

Lebih lanjut, Pemkab Mabar juga menyediakan dana hibah untuk pengamanan Pilkada 2024 kepada TNI-Polri sebesar Rp5 miliar.

“Tergantung permohonan pencairan dari pelaksana kegiatan, kalau KPU dan Bawaslu surat permohonan sudah ada, kita cairkan sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), sehingga penyelenggara tidak lagi pikir anggaran demikian juga pengamanan,” katanya.