Jakarta – Film yang sebelumnya mengundang kontroversi dengan judul “Kiblat,” kini kembali hadir dengan nama baru yang mengejutkan, “Thaghut.”

Ramai dibicarakan dalam beberapa waktu terakhir, jagat media sosial masih ingat dengan jelas kontroversi terkait poster yang menampilkan rukuk terbalik dari tokoh utama, Ainun (Yasmin Napper), yang dianggap oleh sebagian sebagai mencemarkan simbol ibadah agama Islam.

Pada tanggal 18 Juli 2024, LEO Pictures dengan bangga merilis official trailer perdana film Thaghut yang langsung mendapat perhatian publik.

Trailer berdurasi dua menit tersebut menampilkan dampak menyeramkan tentang ajaran sesat yang menguasai satu desa.

Trailer Thaghut Rilis, Film Pengganti Kiblat Tayang di Bioskop pada 29 Agustus 2024
Poster film Thaghut. (Tajukflores.com/LEO Pictrures)

Di balik kontroversi yang memanas, “Thaghut” tidak hanya menghadirkan cerita menarik, tetapi juga pesan mendalam tentang kembalinya kepada Kiblat yang sejati, hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Cerita ini menyoroti perjalanan Abah (Whani Darmawan) yang tersesat dalam penyembahan pada entitas lain, mengilhami judul baru yang dipilih untuk menggambarkan tema sentral dalam film ini.

Ika Wulandari, Co Producer Leo Pictures mengatakan pihaknya telah berdialog intensif dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memastikan pemutaran film ini memenuhi kepatutan dan menghormati nilai-nilai keagamaan.

Dalam kesepakatan tersebut, pergantian judul dan revisi adegan yang sensitif menjadi langkah penting yang dilakukan.

“Thaghut,” yang berarti “melampaui batas,” menggambarkan konflik batin tokoh utama yang mencari makna sejati dari keberadaannya,” kata Ika Wulandari dalam keterangan pers yang diterima Tajukflores.com di Jakarta, Senin (22/7).

Dibintangi oleh sejumlah talenta terkemuka seperti Yasmin Napper, Arbani Yasiz, Ria Ricis, Keanu Azka, Dennis Adhiswara, Hana Saraswati, dan Whani Darmawan, film ini dijadwalkan tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia pada 29 Agustus 2024.